Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Bahan Bangunan Agar Rumah Menjadi Kokoh

Secara sederhana, rumah berarti tempat berlindung dari panas dan hujan. Namun secara kompleks tidak hanya panas dan hujan saja namun rumah juga harus mampu melindungi kita dari berbagai macam ancaman baik yang berasal dari manusia maupun ancaman dari alam. Sebagai negara yang terletak pada jalur cincin api maka tidak heran Indonesia sering mengalami terjadinya gempa akibat bertemunya lempengan-lempengan bumi. Untuk itulah mau tidak mau jika anda ingin membangun sebuah konstruksi rumah, maka beberapa bencana tersebut haruslah menjadi perhatian anda agar rumah yang akan anda bangun tetap kokoh berdiri walaupun diguncang gempa sekalipun. Untuk itu pada postingan kali ini saya akan membantu memberikan tips tentang bagaimana memilih bahan bangunan agar rumah anda menjadi kokoh.

Tips Memilih Bahan Bangunan Agar Rumah Menjadi Kokoh
Tips Memilih Bahan Bangunan Agar Rumah Menjadi Kokoh


Tips Memilih Bahan Bangunan yang Baik dan Kuat

Bahan-bahan bagungan sangat diperlukan dan diperhatikan dalam pemilihannya. Karena bahan bangunan pastinya berhubungan dengan konstruksi bangunan itu sendiri. Nah jika anda mengalami kesulitan dalam hal memilih matrial seperti besi beton, batu bata maupun batako dan pasir yang baik, berikut adalah tipsnya:

  • Gunakan batu bata merah yang memiliki ukuran sedang untuk membuat dinding karena sifatnya yang keras, tidak gampang pecah dan juga memiliki ukuran yang seragam. Namun jika anda kekurangan biaya maka anda dapat menggunakan batako karena dapat menggantikan fungsi bata. Namun dalam hal kekuatan tentunya batako kalah kuat dibanding dengan batu bata merah.
  • Besi beton atau yang biasa dikenal dengan istilah full, gemuk dan banci di pasaran. Ketiga jenis besi ini memiliki ukuran yang berbeda-beda untuk itu cermatlah dalam memilih. 
  • Untuk pemilihan atap rumah tentunya genteng tanah liat dan juga beton masih menjadi primadona di pasaran. Akan tetapi jika anda menggunakan genteng tanah liat anda harus pastikan bahwa anda memiliki kerangka atau kuda-kuda yang lebih kuat dibanding jika menggunakan seng.
  • Untuk pemilihan semen, sebetulnya anda tidak perlu terlalu bingung karena semen yang dijua dipasaran memiliki kualitas dan juga harga yang sama, belilah yang bermerek.
  • Pemilihan pasir memang cukup sulit, caranya dengan menggenggam pasir tersebut dimana bila terlihat butiran pasir memiliki ragam bentuk butiran itu termasuk pasir yang baik dan tidak akan menggumpal. Pasir harus memiliki butira tajam agar dapat mengkontruksi plester yang keras bila telah dicampuri semen.
  • Kayu yang bagus biasanya kayu yang berasal dari kalimantan karena memiliki kadar air di bawah 20% atau gunakan kayu yang sudah di oven agar kayu tidak cepat lapuk.

Itulah beberapa Tips Memilih Bahan Bangunan Agar Rumah Menjadi Kokoh yang bisa dibagikan. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam hal mengambil keputusan dalam hal membangun rumah anda agar menjadi kokoh, kuat dan tahan lama (udah kayak iklan obat ehem ehem.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Bahan Bangunan Agar Rumah Menjadi Kokoh"