Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatur Pengolahan Sampah Rumah Tangga

Mungkin banyak rumah tangga yang belum begitu memperhatikan tentang masalah pengelolahan sampah rumah tangga. Sebetulnya mengatur pengelolahan sampah rumah tangga sangatlah penting disamping bisa mempermudah kita dalam membuang sampah kita, hal ini juga mempermudah tugas tukang sampah yang biasa bertugas mengambil sampah.  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengatur pengolahan sampah rumah tangga.

Mengatur Pengolahan Sampah Rumah Tangga
Mengatur Pengolahan Sampah Rumah Tangga

Pasang plastik pada tempat sampah
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memasang plastik pada tempat sampah. Plastik harus menutup seluruh bibir bak sampah anda sehingga tidak ada sampah yang terlepas jatuh sehingga dapat mengotori tempat sampah kita. Jika tempat sampah kotor maka hal tersebut akan menambah kerajaan kita untuk membersihkan tempat sampah. Pastikan plastik yang digunakan tidak robek atau bocor.

Rajin Mengganti Plastik baru
Setelah memasangkan plastik pada tempat sampah anda, jangan lupa untuk segera menggantinya setelah anda membuang sampah anda. Karena jika terlambat mengganti plastik biasanya ada anggota keluarga lain yang membuang sampah sehingga tentunya akan membuat tempat sampah kita kotor dan kita terpaksa harus membersihkannya lagi.

Jika Penuh Langsung Bungkus dan Buang
Jika sampah dirumah anda sudah penuh anda harus segera langsung membuang sampah tersebut. Hal itu bertujuan agar sampah tidak melimpah keluar dan mengotori lantai sekitarnya. Jika memang anda belum sempat membuangnya dan sampah anda mengandung sampah basah maka usahakan maksimal anda menyimpan sampah anda selama satu hari saja. Karena jika lebih dari satu hari maka sampah akan segera mengeluarkan bau dan menghasilkan ulat belatung.

Pisahkan Sampah Basah dan Kering
Pemisahan sampah basah bermaksud untuk mempermudah saja akan tetapi itu disisi lain dengan kita memisahkan tersebut kita jadi gampang untuk memprioritaskan sampah mana yang harus segera dibuang. Tentunya sampah basah harus segera dibuang karena tidak tahan lama dan akan cepat busuk dan berulat. Berbeda dengan sampah kering bisa tahan lama karena tidak mudah busuk.

Rajin Membersihkan Bak Sampah
Bak sampah atau tong sampah yang digunakan haruslah selalu bersih. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan timbulnya dari berkembangnya penyakit di dalam bak sampah kita. Selain itu juga agar bak sampah terlihat bersih dan enak dipandang. Untuk itu usahakan jangan lupa untuk membersihkan bak sampah anda jika memang sudah terlihat kotor.

Posting Komentar untuk "Mengatur Pengolahan Sampah Rumah Tangga"