Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Menghemat Listrik Rumah Anda

Tips Cara Menghemat Listrik Rumah Anda - Tarif dasar listrik yang naik seiring juga dengan kenaikan BBM tentunya memaksa kita untuk melakukan pengehematan dalam pemakaian listrik pada rumah kita. Selain bisa menghemat pengeluaran kita, hemat listrik juga dapat membantu kita dalam pelestarian lingkungan dan energi. Untuk itu berikut ada beberapa tips cara menghemat listrik rumah anda.



1. Gunakan lampu yang hemat energi, lampu neon hemat energi juga dapat memberikan pencahayaan yang lebih baik dibandingkan dengan lampu pijar.

2. Gunakan alat-alat elektronik dengan baik dan bijak, gunakan seperlunya saja dan jangan lupa untuk mematikan ketika tidak digunakan dan yangnharus diingat untuk mencabut kabelnya jika tidak digunakan.

3. Utamakan untuk memilih alat-alat elektronik yang memiliki kemampuan atau fasilitas hemat energi saat hendak membeli peralatan elektronik baru.

4. Jika rumah anda menggunakan pompa air, gunakanlah tangki air dan kalau bisa buatlahnjadwal hidup pompa air. Gunakan air dengan hemat dannjauga bijak (sesuai kebutuhan).

5. Buatlah sistem sirkulasi udara yang baik di rumah anda, serta tanam tumbuh-tumbuhan disekitar rumah anda. Hal ini dapat membantu dalam hala menekan suhubudara sehingga anda tidak perlu menggunakan AC.

6. Jika rumah anda menggunakan AC, atur suhu AC anda seperlunya saja. Suhu AC yang lebih dingin membutuhkan energi listrik yang lebih banyak. Bersihkan AC secara teratur.

7. Buat sistem pencahayaan yang baik dirumah anda sehingga anda tidak perlu menghidupkan lampu di siang hari.

8. Buatlah jadwal mencuci dalam tu minggu, dan gunakan mesin cuci sesuai kapasitas. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit dan kalau bisa gunakan pengering bila hanya benar-benar perlu.

9. Buat jadwal dalam menyetrika sekitar seminggu sekali, karena proses pemanasan setrikaan memerlukan daya listrik yang cukup besar.

10. Bersihkan kulkas secar rutin agar kinerja kulkas tetap optimal. Isi secukupnya dan jangan buka tutup kulkas terlalu sering danntutup ddengan rapat.

11. Perhatikan meteran listrik dan segera evaluasi jika terjadi lonjakan gangguan.

12. Lebih baik menggunakan laptop dibanding dekstop dan jika menggunakan dekstop usahakan mengunakan layar LCD karena lebih hemat.

Itu dia ke-12 tips cara menghemat listrik dirumah anda, semoga dapat diterapkan dan dapat membantu rumah anda menjadi lebih hemat energi ya. 

Posting Komentar untuk "Tips Cara Menghemat Listrik Rumah Anda"